HALAMAN UTAMA TENTANG KPU DIY REGULASI KPU KABUPATEN/KOTA PENGUMUMAN

 
BERITA

[ Berita lain... ]

22/05/2012 (11:51)
Strategi Bersama Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di DIY

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DIY bersama dengan KPU Kabupaten dan Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah bersepakat untuk merumuskan strategi bersama pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi pemilih di Yogyakarta.Kesepakatan ini dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi dan peran kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih oleh penyelenggara pemilu di Provinsi DIY, terutama dalam mempersiapkan pemilih cerdas dalam Pemilu 2014 mendatang. Kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari Kamis (5/04/2012), bertempat di Ruang Rapat KPU Provinsi DIY dan dihadiri oleh anggota KPU Provinsi DIY, pejabat dan staf KPU Provinsi DIY serta Ketua Divisi Hupmas dan SDM KPU Kabupaten/ Kota se-Provinsi DIY.

"Demi tercapainya tujuan sosialisasi dan pendidikan pemilih, maka perlu ada identifikasi masalah dan pembagian tugas antara KPU Provinsi DIY dengan KPU Kabupaten/Kota se-DIY agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan kegiatan,” ungkap Drs. M. Najib, M. Si. Lebih lanjut, Ketua Divisi Hubungan Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi DIY ini juga menyampaikan rencana kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih di KPU Provinsi DIY. Diantaranya adalah melalui pembentukan Pusat Informasi dan Pendidikan Pemilih, penerbitan newsletter secara berkala dan optimalisasi website KPU Provinsi DIY, serta ToT bagi guru-guru PPKN dan aktivis Ormas, PT dan LSM tentang materi kepemiluan.

“Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan, KPU Kulonprogo sudah melakukan rapat koordinasi dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (MGMP PKn) Kulonprogo,” ujar Marwanto S. Sos. Selain KPU Kabupaten Kulon Progo, KPU Kota Yogyakarta dan KPU Bantul juga telah melakukan kegiatan serupa dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kabupaten/kota masing-masing. Sedangkan KPU Kabupaten Sleman mengagendakan pelaksanaan cerdas cermat tentang pemilu yang mekanisme pelaksanaannya akan bekerjasama dengan instansi terkait di lingkungan pemerintah kabupaten Sleman.

Pada tahun 2012 ini KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi DIY juga akan melaksanakan kelas pemilu untuk beberapa kelompok sasaran pemilih. Kelas pemilu merupakan pendidikan pemilih yang metode penyampaian materinya merupakan pengembangan dari Pelatihan Modul Training Building Resources in Democracy, Governance and Elections (BRIDGE). Dalam kelas ini, peserta diajak untuk aktif berpartisipasi melalui praktek dalam suasana yang serius tapi santai. Kelas pemilu terbuka bagi semua orang, dan dapat diikuti tanpa biaya apapun. (Ftr)


Dibaca: 763 kali.


Berita Terkait