HALAMAN UTAMA TENTANG KPU DIY REGULASI KPU KABUPATEN/KOTA PENGUMUMAN

 
BERITA

[ Berita lain... ]

09/09/2008 (07:57)
Tak Satu Pun Caleg yang Penuhi Persyaratan Administrasi

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Bantul mengembalikan seluruh berkas calon anggota legislatif yang diajukan oleh partai politik. Alasannya, tidak satu pun caleg yang memenuhi seluruh persyaratan administrasi. Mereka diberi waktu untuk melengkapi sampai 16 September. Hal serupa terjadi di Kabupaten Sleman. Berkas caleg dari 34 parpol dikembalikan oleh KPU Sleman untuk dilengkapi persyaratannya.

Namun, dua parpol belum mengambil kembali berkas tersebut untuk diperbaiki, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Matahari Bangsa (PMB). Total berkas yang dikembalikan di Bantul sebanyak 612 dari 37 parpol. Hanya Partai Kedaulatan yang tidak menyerahkan berkas caleg sejak awal. Semuanya kami kembalikan karena tidak ada yang memenuhi ketentuan.

Banyak persyaratan yang masih belum lengkap, kata Divisi Pendaftaran Pemilih Peserta dan Pencalonan KPU Bantul Damanhuri, Senin (8/9). Beberapa persyaratan administrasi yang masih belum lengkap itu seperti keterangan domisili, foto, dan legalisasi ijazah. Semuanya kami kembalikan lewat pengurus parpol masing-masing. Mereka diberi waktu hingga 16 September untuk melengkapinya. Kalau sampai batas waktu tidak dilengkapi, KPU akan mencoretnya dari daftar caleg, ujarnya.

Menurut Damanhuri, ada 15 item persyaratan yang harus dipenuhi. Dari total 37 parpol yang mendaftarkan calegnya, hanya beberapa parpol yang tingkat kekurangan persyaratannya sedikit, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Yang lain kekurangannya masih banyak. Untuk PKB bahkan baru menyerahkan daftar nama saja, tanpa satu pun persyaratan, tuturnya.

Tiga parpol Ketua KPU Sleman Djajadi mengimbau kepada parpol untuk segera melengkapi persyaratan dan menyerahkan berkas para caleg untuk Pemilu 2009 sebelum batas waktu. Hal ini demi kepentingan parpol sendiri sehingga masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan lagi seandainya berkas mereka dinyatakan belum lengkap. Kalau mengembalikannya tepat pada 16 September, maka berkas itu sudah tidak bisa diperbaiki lagi, katanya. Khusus untuk syarat 30 persen caleg perempuan, Djajadi mengatakan tinggal tiga parpol lagi yang belum memenuhinya, yakni Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai Merdeka, dan Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI). Saya harap ketiga partai itu bisa segera memenuhi syarat itu, ujarnya.

Sumber: KOMPAS



Dibaca: 887 kali.


Berita Terkait